Monday, October 1, 2012

MEMBUAT SCRUB ALAMI

Beragam cara dapat digunakan untuk merawat wajah kita, salah satunya dengan menggunakan scrub. Scrub dapat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah kita. Kita tidak perlu membelinya, kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Banyak bahan-bahan alami yang dapat kita gunakan sebagai scrub, misalnya :

1. Gula
Gula pasir merupakan bahan utama scrub yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati serta menjadikan kulit tampak bercahaya. 
Cara membuat: Campurkan 1 sendok makan gula dengan minyak zaitun. Kemudian, tambahkan gel lidah buaya atau madu supaya kulit menjadi lembut. Setelah semua bahan tercampur, tuangkan scrub ke telapak tangan, lalu oleskan ke permukaan wajah dengan pijatan lembut melingkar. Diamkan selama 5 hingga 10 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat. Anda bisa gunakan bahan ini untuk scrub wajah dan tubuh. Atau cara yang lebih mudah potong kedua ujung tomat lalu celupkakan kedalam gula, kemudian gosokan pada muka.

2. Beras
Campuran berbahan dasar tepung beras (Amylum oryzae) ini bermanfaat untuk menghaluskan  kulit, memperlambat efek keriput, serta dapat membuat kulit wajah awet muda.
Cara membuat: Tumbuk segenggam beras, lalu campur dengan sedikit minyak zaitun. Lakukan secara rutin.

3. Wortel
Kandungan betakaroten yang cukup tinggi pada wortel bisa membantu menghilangkan noda hitam di kulit.
Cara membuat: Parut kasar beberapa buah wortel lalu campur dengan body lotion. Oleskan pada wajah, pijat perlahan.

4. Green Tea
Teh hijau tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga bermanfaat untuk perawatan kulit. Green tea kaya akan antioksidan yang membantu memelihara serta melindungi kulit Anda.

Selain itu, teh hijau mengandung zat anti inflamasi sehingga menjadi pilihan tepat bagi kulit sensitif dan berjerawat. Carilah produk perawatan kulit yang mengandung teh hijau, atau menambahkan teh hijau kecil ke dalam salah satu resep scrub kulit.

5. Garam
Garam ternyata mampu memberikan khasiat yang bisa digunakan untuk kecantikan kulit. Tubuh Anda akan lebih segar bila memakai scrub yang mengandung garam. Kandungan garam bisa memperbaiki sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi, dan menghaluskan kulit.
Cara Membuat: Campurkan satu cangkir air garam dan minyak zaitun. Tambahkan 5 tetes minyak esensial (misalnya, minyak aprikot). Minyak aprikot dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit tanpa meninggalkan minyak pada kulit. Sebagai minyak esensial, biji aprikot ini juga memiliki efek positif bagi kulit yang kusam.

Selamat mencoba ^o^


No comments:

Post a Comment